Rangkaian proses kegiatan yang harus di lakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor
yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terrutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah di tetapkan
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
1.
Organisasi dan metode merupakan kunci atau
syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
2.
Organisasi dan metode penting bagi kegiatan
manajemen,
3.
Organisasi dan metode dapat memanfaatkan
sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
4.
Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan
efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara
manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa
organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus
dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang
lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan
waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar