Organisasi adalah sekumpulan orang atau badan yang mempunyai tujuan yang sama. Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a. Sebagai wadah :
Tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses : Memperhatikan interaksi/kerja sama
antar orang-orang yang menjadi anggota.
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat
mencapai tujuan secara efisien.
Definisi-definisi
lain mengenai organisasi:
1.
Menurut James D. Mooney : organisasi adalah
suatu bentuk kerjasama manusia untuk pencapaian tujuan bersama.
2. Menurut
Thester I. Bernard : organisasi merupakan suatu sistem kerjasama dari 2
orang atau lebih, sesuatu yang tak terwujud dan tidak bersifat perseorangan dan
sebagian besar mengenai hal-hal hubungan.
3. Menurut J. M. Gaus :
organisasi adalah tata hubungan antar orang-orang untuk dapat memungkinkan
tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
organisasi adalah alat untuk tercapainya tujuan dari sebuah Hubungan manajemen
dan organisasiàmanajemen.
Organisasi
dapat dilihat dengan dua cara berbeda, yaitu:
1) Organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang
terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk
diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan
ke lingkungan kembali
2) Organisasi sebagai sekelompok orang yang
berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar